Taqueriaisabel

Mengenal Doa Makan dalam Tradisi Islam di Indonesia


Apakah kita pernah mengenal doa makan dalam tradisi Islam di Indonesia? Doa makan merupakan doa yang biasa dilantunkan sebelum dan sesudah makan sebagai tanda syukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Doa makan juga dapat menjadi pengingat bagi umat Muslim agar selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan.

Menurut Ustadz Yusuf Mansur, doa makan merupakan bagian dari adab makan yang harus diketahui oleh setiap Muslim. Ustadz Yusuf Mansur juga menekankan pentingnya membaca doa sebelum dan sesudah makan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. “Doa makan adalah cara kita mengingat Allah dalam setiap kegiatan yang kita lakukan, termasuk saat makan,” ujar Ustadz Yusuf Mansur.

Dalam hadits Riwayat Tirmidzi disebutkan, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seorang dari kalian selesai makan, maka hendaklah dia mengucapkan, ‘Alhamdulillahil ladzi at’amana wasqana waja’alana minal muslimin’.” Hal ini menunjukkan pentingnya membaca doa sesudah makan sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang diberikan.

Di Indonesia, doa makan telah menjadi bagian dari budaya dan tradisi masyarakat Muslim. Setiap keluarga Muslim di Indonesia mengajarkan doa makan kepada anak-anak mereka sejak dini sebagai bentuk pembiasaan dan pengenalan terhadap adab makan dalam Islam.

Mengetahui doa makan dalam tradisi Islam di Indonesia tidak hanya sekedar membaca doa sebelum dan sesudah makan, tetapi juga sebagai bentuk pengingat akan pentingnya bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Sebagai umat Muslim, marilah kita selalu mengingat dan melantunkan doa makan dalam setiap hidangan yang kita nikmati.