Taqueriaisabel

Mengapa Doa Sebelum Makan Dianjurkan dalam Islam?


Mengapa Doa Sebelum Makan Dianjurkan dalam Islam?

Dalam Islam, doa sebelum makan sangat dianjurkan. Mengapa? Karena doa sebelum makan memiliki makna dan manfaat yang sangat penting bagi umat Islam. Doa sebelum makan merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah atas nikmat makanan yang diberikan-Nya kepada kita. Selain itu, doa ini juga menjadi pengingat bagi kita untuk selalu menghormati makanan yang kita konsumsi.

Salah satu alasan mengapa doa sebelum makan dianjurkan dalam Islam adalah untuk menghindari sifat serakah dan tidak menghargai rejeki yang diberikan Allah. Doa ini mengingatkan kita bahwa setiap makanan yang kita konsumsi adalah anugerah dari-Nya. Dalam Al-Qur’an Surah Al-Ankabut ayat 60, Allah berfirman, “Dan apabila kamu ditanya tentang makanan yang disembelih, maka katakanlah: Makanan itu adalah halal bagimu dan makanan yang disembelih oleh orang-orang yang diberikan Kitab itu adalah halal bagimu.” Dalam ayat ini, Allah mengingatkan kita untuk selalu mensyukuri dan menghormati makanan yang kita makan.

Menurut Ustaz Yusuf Mansur, seorang tokoh agama Islam, doa sebelum makan juga merupakan bentuk tawakal kepada Allah. Dalam salah satu ceramahnya, beliau mengatakan, “Ketika kita berdoa sebelum makan, kita mengakui bahwa Allah-lah yang memberikan rezeki kepada kita. Kita menyerahkan segala urusan kita kepada-Nya.” Ustaz Yusuf Mansur juga menekankan pentingnya bersyukur atas nikmat makanan yang kita terima. Beliau mengatakan, “Dengan bersyukur, kita akan mendapatkan berkah dari Allah dan makanan yang kita konsumsi akan menjadi penyembuh bagi tubuh dan jiwa kita.”

Selain itu, doa sebelum makan juga merupakan bentuk penghormatan terhadap makanan itu sendiri. Ketika kita berdoa sebelum makan, kita menyadari bahwa makanan tersebut bukan hanya benda mati yang kita konsumsi, tetapi memiliki makna yang lebih dalam. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak menyebut nama Allah atas makanannya, maka makanan itu adalah makanan setan.” Dalam hadis ini, Rasulullah mengajarkan kita untuk selalu mengingat Allah saat akan makan, agar makanan tersebut menjadi berkah bagi kita.

Profesor Abdullah Saeed, seorang pakar studi Islam, juga menekankan pentingnya doa sebelum makan dalam Islam. Menurutnya, doa ini adalah bentuk pengingat agar kita tidak melupakan nikmat Allah yang begitu besar. Dalam bukunya yang berjudul “Islamic Thought: An Introduction”, Profesor Abdullah Saeed menyatakan, “Doa sebelum makan adalah salah satu cara untuk mengingatkan diri kita bahwa Allah adalah sumber segala rezeki dan kita harus selalu bersyukur atas nikmat-Nya.”

Dalam kesimpulan, doa sebelum makan merupakan bagian penting dalam ibadah seorang Muslim. Doa ini mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat makanan yang Allah berikan dan menghormati makanan tersebut. Dengan doa sebelum makan, kita juga menunjukkan rasa tawakal kepada Allah dan menghindari sifat serakah. Oleh karena itu, marilah kita selalu berdoa sebelum makan dan menghargai nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Referensi:
1. Al-Qur’an Surah Al-Ankabut ayat 60
2. Ustaz Yusuf Mansur, dalam ceramahnya
3. Hadis riwayat Bukhari dan Muslim
4. Profesor Abdullah Saeed, “Islamic Thought: An Introduction”