Taqueriaisabel

Mengapa Dianjurkan untuk Menjaga Jarak Antara Makan dan Tidur?


Mengapa Dianjurkan untuk Menjaga Jarak Antara Makan dan Tidur?

Sering kali kita mendengar nasihat untuk tidak langsung tidur setelah makan. Tapi, apakah benar hal tersebut penting? Mengapa sebaiknya kita menjaga jarak antara makan dan tidur? Menurut ahli kesehatan, kebiasaan ini sebenarnya memiliki alasan yang cukup penting.

Menjaga jarak antara makan dan tidur sangat dianjurkan karena proses pencernaan tubuh membutuhkan waktu. Dr. Rizal Yulianto, ahli gizi dari RSUP Persahabatan Jakarta, menjelaskan bahwa tidur setelah makan dapat mengganggu proses pencernaan makanan. Ketika kita tidur, tubuh cenderung memperlambat proses pencernaan yang dapat menyebabkan masalah seperti gangguan pencernaan, sakit maag, atau refluks asam lambung.

Selain itu, tidur langsung setelah makan juga dapat meningkatkan risiko obesitas. Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, tidur setelah makan dapat membuat tubuh sulit membakar kalori yang sudah dikonsumsi. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan lemak di tubuh dan meningkatkan risiko obesitas.

Dr. Rizal Yulianto juga menambahkan bahwa menjaga jarak antara makan dan tidur setidaknya dua hingga tiga jam dapat membantu tubuh dalam proses pencernaan makanan dengan lebih efisien. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur kita karena tubuh sudah memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan sebelum tidur.

Jadi, jangan anggap remeh nasihat untuk menjaga jarak antara makan dan tidur. Kebiasaan sederhana ini dapat memberikan dampak yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, mulai sekarang, berikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan sebelum tidur. Kesehatan tubuh kita adalah investasi terbaik yang harus kita jaga.

Referensi:
1. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3671236/kenapa-tidak-boleh-tidur-setelah-makan
2. https://www.alodokter.com/kenali-bahaya-tidur-segera-setelah-makan

Sumber Gambar:
1. https://www.freepik.com/vectors/food