Taqueriaisabel

Doa Sesudah Makan: Mengucap Syukur Setelah Menikmati Hidangan


Doa Sesudah Makan: Mengucap Syukur Setelah Menikmati Hidangan

Siapa di antara kita yang tidak suka makan? Makan adalah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan dalam hidup kita. Saat kita menikmati hidangan yang lezat, kita juga harus mengingat untuk selalu mengucap syukur setelah makan. Mengapa? Karena mengucap syukur setelah makan memiliki manfaat yang besar bagi kita.

Doa sesudah makan adalah cara kita untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberi kita makanan. Dalam Islam, doa sesudah makan sangat dianjurkan. Ada beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW yang bisa kita gunakan setelah makan. Salah satu doa yang diajarkan adalah “Alhamdulillahilladzi at’amana wa saqana wa ja’alana muslimin”, yang artinya “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami sebagai orang-orang yang berserah diri”.

Menurut Ustadz Yusuf Mansur, seorang tokoh agama dan motivator terkenal, mengucap syukur setelah makan memiliki efek positif bagi kita. Dalam salah satu ceramahnya, beliau mengatakan, “Ketika kita mengucap syukur setelah makan, kita akan lebih bersyukur atas segala rezeki yang telah diberikan oleh Allah. Hal ini akan membuat kita merasa lebih bahagia dan berkeinginan untuk berbagi dengan sesama.”

Selain itu, mengucap syukur juga dapat membuat kita lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kualitas makanan yang kita konsumsi. Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, seorang ahli gizi, mengatakan, “Ketika kita mengucap syukur setelah makan, kita akan lebih menghargai makanan yang kita konsumsi. Hal ini akan membuat kita lebih selektif dalam memilih makanan yang baik untuk tubuh kita.”

Tidak hanya dalam agama Islam, mengucap syukur setelah makan juga dianjurkan dalam berbagai agama dan kepercayaan. Dalam ajaran Kristen, misalnya, ada doa yang diajarkan oleh Yesus kepada para murid-Nya, yaitu “Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan” (Matius 5:6). Doa ini mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan kepada kita.

Tidak hanya dalam agama, para ahli psikologi juga mengakui manfaat dari mengucap syukur setelah makan. Menurut Dr. Robert Emmons, seorang profesor psikologi di University of California, mengucap syukur dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan kita. Dalam salah satu penelitiannya, beliau menemukan bahwa orang yang sering mengucap syukur memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi.

Jadi, mari kita selalu mengucap syukur setelah makan. Selain memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebahagiaan kita, mengucap syukur juga merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberi kita rezeki. Sebagaimana yang dikatakan oleh Albert Schweitzer, seorang filsuf dan teolog terkenal, “Ketika kita mengucap syukur, kita menghargai hidup ini dengan cara yang paling indah.”

Referensi:
1. Islampos. (2019). Ustadz Yusuf Mansur: Ternyata Ini Manfaat Mengucap Syukur Setelah Makan. Diakses dari https://www.islampos.com/ustadz-yusuf-mansur-ternyata-ini-manfaat-mengucap-syukur-setelah-makan-113417/
2. Al-Quran Surah Al-Baqarah Ayat 172.
3. Matius 5:6.
4. Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (2003). Counting blessings versus burdens: An experimental investigation of gratitude and subjective well-being in daily life. Journal of personality and social psychology, 84(2), 377-389.