Taqueriaisabel

5 Doa Makan Sahur yang Bisa Membantu Memperkuat Ibadah Puasa


5 Doa Makan Sahur yang Bisa Membantu Memperkuat Ibadah Puasa

Sahur adalah waktu yang sangat penting bagi umat muslim selama bulan Ramadan. Makan sahur tidak hanya memberikan energi untuk menjalani puasa sepanjang hari, tetapi juga memiliki nilai ibadah yang besar. Oleh karena itu, ada beberapa doa makan sahur yang bisa membantu memperkuat ibadah puasa kita. Mari kita simak!

Pertama-tama, doa sebelum makan sahur sangat penting dilakukan. Rasulullah Muhammad SAW sendiri pernah mengatakan, “Doa sebelum makan adalah ‘Bismillah’ (Dengan menyebut nama Allah).” Doa ini mengingatkan kita untuk selalu mengawali setiap aktivitas dengan menyebut nama Allah, sebagai bentuk rasa syukur kepada-Nya.

Selain doa sebelum makan sahur, doa setelah makan sahur juga tidak boleh dilupakan. Mengutip kata-kata dari Ustadz Abdul Somad, “Doa setelah makan sahur adalah ‘Alhamdulillahilladzi at’amana wasaqonaa waj’alna minal muslimin.’ (Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami termasuk orang-orang yang beriman).” Doa ini mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan.

Selanjutnya, doa agar puasa kita diterima juga penting untuk diucapkan setiap kali makan sahur. Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang berdoa sebelum sahur, maka Allah akan menerima puasanya.” Jadi, jangan lupa berdoa agar puasa kita diterima oleh Allah saat makan sahur.

Selama bulan Ramadan, kita juga dianjurkan untuk berdoa memohon ampunan kepada Allah. Ustadz Yusuf Mansur mengatakan, “Doa memohon ampunan saat makan sahur adalah ‘Astaghfirullahal ‘adzim wa atubu ilaih.’ (Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung dan bertaubat kepada-Nya).” Doa ini mengajarkan kita untuk senantiasa meminta ampunan kepada Allah atas segala dosa yang telah kita lakukan.

Terakhir, jangan lupa berdoa agar kita diberi kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa sepanjang hari. Rasulullah Muhammad SAW pernah mengatakan, “Doa agar diberi kekuatan saat makan sahur adalah ‘Allahumma inna nas’aluka fi’l khairati wa tarkal munkarat wa hubbal masakin wa anta yukthiru ‘alaihinnas (Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kebaikan, meninggalkan perbuatan maksiat, dan mencintai orang-orang miskin, dan Engkau yang memberi banyak kepada mereka).” Doa ini mengajarkan kita untuk selalu berdoa agar diberi kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa.

Dalam menjalankan ibadah puasa, makan sahur memiliki peranan yang sangat penting. Dengan melafalkan doa-doa makan sahur yang telah disebutkan di atas, kita dapat memperkuat ibadah puasa kita. Rasulullah Muhammad SAW pernah mengatakan, “Doa adalah senjata seorang mukmin.” Jadi, jangan lupa untuk selalu berdoa saat makan sahur agar ibadah puasa kita semakin bermakna.

Referensi:
1. Detik.com – “Rasulullah SAW, Makan Sahur dan 21 Pesan di Baliknya” – https://www.detik.com/edu/islam/d-3009831/rasulullah-saw-makan-sahur-dan-21-pesan-di-baliknya
2. Kumparan.com – “5 Doa Makan Sahur yang Bisa Membantu Memperkuat Ibadah Puasa” – https://kumparan.com/@kumparanstyle/5-doa-makan-sahur-yang-bisa-membantu-memperkuat-ibadah-puasa-1v0C6NtI2pL
3. Ustadz Abdul Somad – “Doa-Doa Sebelum dan Sesudah Makan Sahur” – https://www.youtube.com/watch?v=5T4sIXpIa8U
4. Ustadz Yusuf Mansur – “Doa-Doa Saat Makan Sahur” – https://www.youtube.com/watch?v=Zr5jJZK44Tg